OTOMOTIFNET – Anda pemilik Suzuki Satria FU150? Mesinnya mengeluarkan suara berisik; duk..duk..duk.., terus tarikannya pun melempem? Wah, mesti servis besar tuh. Apalagi jika umur pemakaian besutan sudah 3 tahun lebih, buru-buru deh diperiksa sebelum terlambat.
Menurut mekanik humoris ini, penyebab yang disebut nomor dua itu sering sekali terjadi. Maklum pen piston itu sebagai jembatan antara piston dan setang seher yang bekerja naik turun saat mesin hidup. Kalo peranti itu bermasalah, akan menimbulkan bunyi berisik, lama-lama bisa bikin bengkok setang sehernya dan yang paling fatal bisa patah akibat dipaksa bekerja. Hii serem..!
“Tenang Bung. Bisa kita pakai pen piston punya Yamaha RX-King, selain harganya murah; Rp 20 ribu dari harga asli FU Rp 35 ribu, bahan dan kualitasnya juga sama,” terang Kiki yang berbadan besar. Jadi penasaran, nih?
Setelah diukur sigmat, tercatat kalau pen piston FU punya panjang 49 mm dengan ketebalan 2,5 mm. Sedang punya RX-King lebih pendek 0,2 mm dari FU yaitu 47 mm dan memiliki tebal 2 mm, hanya diameter lingkarnya saja yang sama-sama 16 mm (gbr.1). Tapi ukuran panjangnya kan beda ?
“Asalkan diameter lingkar pennya sama, gak ada masalah kok dan kalau kita lihat dari perbedaan ukuran ketebalannya 0,5 mm antara kedua pen tadi, sudah pasti mengurangi beban kerja mesin, akselerasi pun mengalami perubahan sedikit (gbr.2),” beber pria yang doyan pakai topi ini.
Apa semudah itu masangnya? “Betul, sama kayak waktu ngelepas, yang paling penting adalah patokan klep in dan klep outnya jangan sampai salah, sebab kalau salah, masing-masing klep bisa tabrakan,” wantinya sembari bilang untuk pengerjaan tentu bisa minta bantuan mekanik bengkel (gbr.3).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar